18 February 2012

Analisis Lingkungan by Vania Natasha

Permasalahan Lingkungan

KOMPAS/LASTI KURNIA 
Ilustrasi: Tumpukan sampah di salah satu tempat penimbunan sampah terbuka di kawasan Muara Baru, Jakarta, Minggu (3/4/2011).

Pada hari Minggu, 3 April 2011 di Muara Baru, Jakarta terlihat adanya tumpukan sampah. Hal ini pasti disebabkan oleh manusia yang membuang sampah sembarangan. Kita semua belum disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan. Seperti yang dikatakan Wali Kota Jakarta Barat, yang harus dilakukan untuk mengatasi sampah adalah memanfaatkan kembali daur ulang dimulai dari skala rumah tangga dan dari setiap sumber penghasil sampah.

Sumberhttp://megapolitan.kompas.com/read/2011/11/25/20530282/Wali.Kota.Orang.Masih.Seenaknya.Buang.Sampah

Penemuan Lingkungan

Salah satu penemuan lingkungan yang ramah lingkungan adalah beton polimer. Prof Ir H Djuanda Suraatmadja, Guru Besar ITB, menciptakan bahan bangunan baru yang disebut beton polimer. Ia meneliti beton polimer ini sejak tahun 1975 di ITB dan LIPI. Bahan polimer itu berasal dari limbah plastik yang didaur ulang dan dicampur dengan bahan kimia lainnya. Tujuan dibuatnya beton polimer ini adalah untuk memanfaatkan limbah plastik dan mencari alternatif pengganti semen. 



Sumber:http://www.kompas.com/kompas-cetak/0009/01/naper/prof12.htm



Salah satu penemuan lingkungan yang saya temukan adalah paper bag. Sekarang, banyak sekali toko toko yang sudah memakai paper bag ini. Harganya lebih murah dibanding kantong lainnya dan ramah lingkungan. 
Tas kertas dibuat menggunakan bahan kertas yang sangat mudah di daur ulang.
Bahan tas kertas divariasikan antara bahan baru dengan bahan daur ulang. Mari kita ajak teman terdekat kita untuk menggunakan paper bag :) 









No comments:

Post a Comment