15 January 2012

2012


Film 2012 yang disutradari Roland Emmerich pada tahun 2009 adalah film bergenre disaster film. Film ini didasarkan pada prediksi bangsa Maya kuno tentang kiamatnya dunia pada tanggal 21 Desember 2012 karena kalender mereka yang berhenti pada tanggal tersebut.

Film yang dibintangi John Cussack, Amanda Peet, Danny Glover, dll ini berhasil mendapatkan pemasukan yang sangat baik, yaitu sekitar 769 juta US dollar. Walaupun banyak kritikus yang tidak menyukai film ini karena jalan ceritanya yang terlalu tidak mungkin, tetapi film ini tetap saja menjadi sebuah kesuksesan dalam segi pemasukan.

Dalam film ini, dikisahkan  inti bumi menjadi semakin tidak stabil karena solar flare matahari.  Para pemimpin dunia mengetahui hal ini dan bersiap-siap untuk yang terburuk. Mereka menyelamatkan artefak-artefak berharga dan membangun kapal-kapal raksasa untuk mereka dan orang-orang kaya, dengan harga 1 milyar Euro per kursi.  Jackson Curtis adalah seorang supir limosin yang dengan keluarganya mengetahui hal tersebut dan ingin pergi ke Cina, dimana kapal-kapal tersebut berada. Ia bersama dengan keluarga kaya Rusia, yang mempunyai tiket, saling membantu  untuk dapat mencapai tempat tersebut.

Dikisahkan kerak-kerak bumi di dunia menjadi tidak stabil dan akhirnya terbuka. Di kota-kota besar, terjadi keretakan tersebut yang mengakibatkan kota-kota menjadi terbelah. Pulau-pulau juga menjadi hancur, dan bahkan bisa berpindah tempat hingga 1000 mil. Gunung-gunung berapi meluap dan bahkan Hawaii menjadi rata karena hal tersebut.

Lalu terjadi gempa yang sangat besar di dalam dasar laut yang mengakibatkan mega tsunami, yang tingginya bisa berkilometer-kilometer, bahkan gunung Everest pun lewat. Pada akhirnya, Jackson berhasil mencapai tujuannya dengan keluargnya, meskipun banyak kehilangan orang lain. Akhirnya, mereka bersama dengan ratusan orang lain didalam kapal-kapal menuju ke benua Afrika, satu-satunya benua yang tidak terendam banjir, bahkan ketinggiannya menambah.

Film ini mengangkat fakta-fakta dan fiksi-fiksi dari berbagai sumber. Ada hal-hal yang termaksud lumayan realistik, seperti jika terjadi gempa besar didasar laut, akan terjadi Tsunami, seperti yang terjadi di Aceh 2004. Tetapi tidak mungkin tingginya bisa sampai setinggi gunung Everest. Efek spesial dari film ini patut dipuji. Efeknya bagus dan sangat meyakinkan. Ledakan-ledakan, banjir, dll sangat halus.





1 comment:

  1. Rubrik Penilaian Movie Review:

    1. Evaluasi:Sudah ada komentar tentang editing dan special effects, tapi Belum ada komentar kamu mengenai acting dan cerita. Tambahkan semua aspek di atas(2)

    2. Details: Kurang menggambarkan isu tentang lingkungan. Masalah lingkungan apa yang terjadi?Apa dampak dari film ini terhadap sikap kita terhadap lingkungan? Mengapa kamu memilih film ini? Bagaimana film ini menyadarkan kamu tentang pentingnya menjaga lingkungan? (1)

    3. Sinopsis: sudah menggambarkan jalan cerita dengan baik (4)

    4. Organisasi: Sudah ada desain gambar yang menarik hanya perlu dibagi ke dalam paragaf. Letakan sinopsis pada urutan pertama, lalu berikan komentar kamu diikuti dengan kesimpulan keseluruhan mengenai film ini sehingga pengaturan penyamapaian film lebih jelas agar pembaca tidak bingung(1)

    Total Poin : 8 of 16
    Nilai Sementara : 50

    Perbaiki movie review ini sesuai komentar saya untuk mendapatkan nilai lebih maksimal, kumpulkan paling lambat 26 Januari 2012 pukul 12 siang. Good luck!

    Mr.Steven

    ReplyDelete