15 January 2012

Avatar

Directed by : James Cameron
Genre : Science Fiction, Action
Studio : 20th Century Fox
Official site : avatarmovie.com




Avatar, siapa sih yang gak tahu, film tentang sebuah mahluk, yang mirip seperti manusia, hanya saja, dia memiliki badan yang lebih tinggi, kulit biru, mata kuning, pipi tirus dan memiliki bercak di wajahnya, badannya dari mereka adalah, dari fisik dan jiwa, mereka serupa tapi berbeda. 

Semua berawal dari seorang manusia, yang ingin mencoba untuk meneliti kandungan mineral ditempat tersebut, tempat suku Na'vi tinggal, tetapi mereka malah mendapat perlawanan dari suku Na'vi karena dianggap mengganggu kehidupan mereka. Manusia sangat kejam, membakar, menginjak-injak tanak dan tempat kelahiran mereka. ekosistem yang ada, populasi mereka banyak yang berkurang, banyak avatar mati dan,manusia juga serakah, ingin menguasai kandungan mineral yang terdapat didalamnya.

Seorang veteran perang amerika, memiliki cacat di kaki, yang membantunya mendapati kesulitan dalam berjalan bila di kehidupan manusia, oleh karena itu, ia mencoba untuk bertukar raga, untuk menjadi seorang avatar, dengan menggunakan tubuh sebuah avatar dan menjalani kehidupannya bersama suku Na'vi. ia merasa senang bisa tinggal disana, dan ikut juga merasakan penderitaan suku Na'vi, saat secara tidak langsung 'dijajah' oleh manusia. Ia turut membantunya.

Sesaaat, ia pingsan dan belum juga sadarkan diri, dikarenakan perang tersebut, akhirnya ada 1 avatar perempuan yang dekat dengannya, yang menunggunya hingga ia sadarkan diri kembali. ia merasa bahwa, tinggal di dunia manusia, akan menjadi lebih sulit, apalagi ditunjang dengan keadaan kakinya yang sudah tidak memadai, akhirnya, ia memutuskan untuk tinggal bersama dengan para Avatar di suku Na'vi. 

sisi positif/yang bisa dipelajari dari film ini: film ini membuka sebagian dari diri kita, bahwa, menghargai makhluk ciptaan tuhan selain manusia cukup sulit, kita bisa mencoba untuk menghargai alam yang ada, apa rasanya jika tanah dan alam kita yang diporak-porandakan oleh mereka? rasanya sama dengan yang mereka alami. 

sisi negatif/yang kurang baik di dalam film ini:film ini mengandung kekerasan/peperangan yang memberikan dampak atau contoh kurang baik untuk anak-anak dibawa umur, karena mengandung kekerasan.

kandungan science-fiction yang ada: kita menghargai bumi dan alam kita selagi kita bisa. kita mencoba untuk tidak menghabiskan segala sesuatunya yang ada,mengurangi peperangan, lebih mencintai bumi.

Film ini bisa dikategorikan sebagai film terbaik, yaitu dapat membuka pikiran kita untuk lebih menghargai bumi dan alam :) 




1 comment:

  1. Rubrik Penilaian Movie Review:

    1. Evaluasi:Belum ada komentar kamu mengenai cerita, acting, editing, scenery, special effects. Tambahkan semua aspek di atas(1)

    2. Details: Kurang menggambarkan isu tentang lingkungan. Masalah lingkungan apa yang terjadi?Apa dampak dari film ini terhadap sikap kita terhadap lingkungan? Mengapa kamu memilih film ini? Bagaimana film ini menyadarkan kamu tentang pentingnya menjaga lingkungan? (1)

    3. Sinopsis: sudah menggambarkan jalan cerita dengan baik dan menarik! (4)

    4. Organisasi: Sudah ada desain gambar yang menarik hanya perlu dibagi ke dalam paragaf. Berikan komentar+kesimpulan yang lebih mendalam sehingga penyamapaian film lebih jelas agar pembaca tidak bingung(1)

    Total Poin : 7 of 16
    Nilai Sementara : 44

    Perbaiki movie review ini sesuai komentar saya untuk mendapatkan nilai lebih maksimal, kumpulkan paling lambat 26 Januari 2012 pukul 12 siang. Good luck!

    Mr.Steven

    ReplyDelete